Kamis, 03 Februari 2011

7 Makanan Sehat Untuk Jantung


Dikutip dari www.okefood.com , CERDAS memilih makanan sehat akan memengaruhi kesehatan dan stamina tubuh. Konon, ada delapan jenis makanan yang dapat membantu jantung Anda sehat dan kuat, serta membuat hari-hari Anda menjadi lebih baik.

Ini adalah kabar baik bagi jutaan orang yang berjuang untuk menjaga kesehatan jantung mereka. Menu ini sangat beragam dan bisa dikonsumsi saat sarapan, makan siang dan hidangan makan malam. Masing-masing makanan menawarkan berbagai manfaat kesehatan dan rasa yang berbeda.
Seperti dilansir Carefair, berikut daftar makanan yang bisa membuat jantung Anda sehat dan kuat:

1.Gandum

Saat sarapan pagi Anda bisa memulai hari dengan mengonsumsi gandum. Gandum bisa Anda temukan dalam bubur gandum dan makanan sereal, yang di dalamnya terkandung gluten, yakni sebuah serat larut yang membantu mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh dan juga membantu dalam pencernaan.

Menikmati semangkuk bubur yang masih panas dengan kacang kenari, atau buah-buahan segar untuk menghangatkan perut adalah ide yang baik yang bisa Anda coba.

2.Apel

Apel memiliki kandungan flavonol yang disebut quercetin. Terbilang efektif membantu mencegah pembekuan darah dan merupakan sumber vitamin dan serat.

3.Bluberry

Blueberry merupakan buah kecil dengan manfaat yang menakjubkan karena mengandung vitamin C, kalsium, magnesium, dan kandungan kandungananthocyanidins yang tinggi, sehingga menjadi pilihan tepat sebagai makanan penyehat jantung. Selain itu, blueberry juga kaya kandungan serat yang berperan untuk menurunkan kolesterol. Untuk mendapatkan manfaat lebih, Anda bisa mengonsumsi buah lainnya, seperti stroberi dan raspberry.

4.Salmon

Salmon adalah sumber paling baik dari asam lemak omega-3 yang mengurangi peradangan, risiko pembekuan darah dan kadar kolesterol. Akan lebih baik bila Anda mengonsumsi dua sampai tiga kali per minggu. Salmon dan minyak ikan laut lainnya, seperti ikan tuna dapat membuat jantung sehat.

5.Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau mengandung sulforaphane yang bisa membantu banyak orang untuk menyelamatkan jantungnya dengan melindungi pembuluh darah dari penyumbatan, yang bisa menyebabkan serangan jantung

6.Tomat

Perbanyak konsumsi toman sejak sekarang, sehingga Anda dapat merasakan semua manfaat dari vitamin dan likopen. Kandungan likopen mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu dapat menurunkan risiko terkena kanker, terutama kanker prostat, lambung, tenggorokan, dan usus besar.

Kandungan lain yang terdapat dari tomat adalah kaya akan vitamin A, vitamin C, mineral, serat, dan zat fitonutrien, yang sangat menyehatkan tubuh.

7.Anggur merah

Buah anggur yang berwarna merah dan ungu merupakan makanan sumber flavonoid terbaik, sedangkan anggur hijau yang sesungguhnya berwarna putih atau pucat tidak mengandung flavonoid. Flavonoid seperti quercetin dan catechin, berkhasiat memperlancar aliran darah dalam tubuh, mencegah reaksi oksidasi kolesterol LDL, dan mengurangi terbentuknya plak di pembuluh darah.

Walau red wine juga mengandung flavonoid, namun alkohol yang terkandung pada minuman tersebut memberikan efek gangguan pada hati, maka disarankan lebih baik meminum jus anggur merah ketimbang red wine. Dengan mengonsumsi satu sampai dua gelas jus anggur merah per hari, membantu menjaga jantung Anda tetap sehat.

Masukkan daftar makanan di atas dalam menu harian Anda sejak dini, agar jantung semakin sehat dan kuat. Karena apa yang masuk ke dalam tubuh dapat memengaruhi aktifitas yang Anda lakukan setiap hari. Saatnya membuat pilihan yang bijak dan menikmati gaya hidup sehat dengan jantung yang kuat.

Sumber
okefood.com

0 komentar:

Posting Komentar

"Ketahuilah Bumi Dan Isinya, Niscaya kau menjadi hamba yang takut akan Tuhannya"
Show all blogs Science (Global Warming) - TOP.ORG TopOfBlogs Dr.5z5 Open Feed Directory Site Meter Blogarama - The Blog Directory Science Blogs Subscribe My Feed

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms