Rabu, 12 Maret 2014

Manfaat Rempah Jahe Bagi Tubuh

      Berawal dari iseng mencari manfaat rempah Jahe, Saya menemukan beberapa manfaat dari jahe ini. Mari kita perkenalan dengan si Jahe ini. Zingiber officinale (L.) Rosc adalah tanaman serba guna: di dapur ia jadi bumbu penyedap, di dunia industri ia jadi minyak atsiri untuk obat dan parfum.  Jahe segar terutama mengandung gingerol dan zingeron. Jika dikeringkan senyawa ini berubah menjadi shogaol yang lebih pedas. Inilah biang khasiat pada jahe. 

JAHE ( Zingiber officinale )
Berikut ini adalah sepuluh manfaat kesehatan dari ramuan manjur ini:
  1. Pengobatan Kanker Ovarium (Alat Reproduksi Wanita)
Jahe merupakan senjata ampuh untuk pengobatan kanker ovarium. Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Michigan Comprehensive Cancer Center menemukan bahwa bubuk jahe menyebabkan kematian di semua sel kanker ovarium yang diberinya.


2. Pencegahan Kanker Usus Besar
Sebuah studi di Universitas Minnesota menemukan bahwa jahe dapat memperlambat pertumbuhan dari sel kanker usus besar.


3. Mual di Waktu Pagi Tanda Kehamilan
Sebuah tinjauan dari beberapa studi telah menyimpulkan bahwa jahe sama efektifnya dengan vitamin B6 untuk mengatasi mual di waktu pagi yang biasa dialami oleh ibu hamil.


4. Mabuk Kendaraan
Jahe telah terbukti sebagai obat yang efektif untuk mual yang diakibatkan oleh mabuk kendaraan.


5. Mengurangi Rasa Sakit dan Radang / Bengkak
Sebuah studi menunjukkan bahwa jahe zat anti nyeri dan merupakan sebuah obat anti nyeri yang ampuh.


6. Mengurangi Mulas
Jahe telah lama digunakan sebagai obat alami untuk mengurangi rasa mulas. Jahe paling sering diminum dalam bentuk minuman untuk keperluan ini.


7. Obat Masuk Angin dan Flu
Jahe telah lama digunakan sebagai obat alami untuk masuk angin dan flu. Banyak orang juga merasakan manfaat jahe dalam kasus flu perut atau keracunan makanan, hal ini tidak mengherankan; mengingat jahe memiliki efek positif pada saluran pencernaan.


8. Mengurangi Migrain
Riset telah membuktikan bahwa jahe dapat mengurangi sakit kepala akibat migrain karena kemampuannya untuk menghentikan penyebab sakit pada migrain dan radang pada pembuluh darah.


9. Mengobati Kram Saat Menstruasi
Dalam pengobatan China, teh jahe dengan gula aren digunakan untuk mengobati kram perut saat menstruasi


10. Pencegahan Gagal Ginjal pada Penderita Diabetes
Sebuah studi yang dilakukan pada tikus yang terkena sakit diabetes menemukan bahwa tikus-tikus yang diberi jahe lebih sedikit yang menderita gagal ginjal.


sumber :
http://www.tonocatering.com/front/index.php/artikel-kesehatan/153-10-manfaat-khasiat-kesehatan-jahe
http://www.jpnn.com/read/2014/01/13/210545/10-Khasiat-Jahe,-Salah-Satunya-Tingkatkan-Stamina-Bercinta- 

Senin, 09 Juli 2012

Kompleksitas Kumis Kucing


Pernah kah anda berfikir tentang keberadaan  keajaiban yang bersumber dari hal-hal yang terlihat sepele / dianggap remeh. ane punya cerita nyata tentang seekor kucing dimana berkaitan dengan postingan ini, ada seekor kucing yang mengalami kebutaan di kedua matanya. Secara logika tuh kucing bakal jarang makan karena mengalami kebutaan dan bakal kurus serta sakit-sakitan. Akan tetapi bertolak belakang dengan logika ane gan doi malah gemuk dan sehat. Setelah ane baca artikel ini dan ane repost kembali di blog ane ini semua masuk akal dan merasa takjub akan Kreator terbesar alam semesta kita, SUBHANALLAH! ALLAHU AKBAR!. Berikut postingan ane seputar hewan kesukaan Rasulullah dan ane tentunya :D. Semoga Bermanfaat :)!

kumis kucing ini memiliki pola yang unik yang berbeda pada satu kucing dengan yang lainnya, seperti sidik jari pada manusia. Namun, kumis pada semua kucing memiliki fungsi yang sama yakni sebagai mekanisme sensoris yang sangat penting.

Kerusakan pada kumis kucing tidak hanya menyebabkan kucing menjadi tidak nyaman, tetapi juga membuat mereka menjadi bingung dan kehilangan arah, selain itu banyak efek samping negatif lainnya yang akan dibahas di bawah.

Kumis kucing sendiri tidak lebih dari sejenis rambut tebal dan panjang biasa. Pentingnya kumis ini terletak pada kenyataan bahwa mereka berakar ke dalam folikel yang dikelilingi oleh jaringan otot yang sangat kaya akan sel saraf dan sel-sel sensorik. Sel-sel saraf pada akar ini kemudian terhubung ke area khusus dari otak kucing.

Fungsi utama dari kumis kucing adalah untuk bekerja sebagai sistem pemindaian (scanning) lingkungan. Yang menarik, kucing tidak perlu menyentuh objek dengan kumis mereka untuk mendeteksi objek.


Saraf di dasar kumis bahkan cukup sensitif untuk mendeteksi gerakan kecil udara yang menggetarkan kumis. Mereka begitu sensitif, kucing bahkan dapat mendeteksi gerakan udara dalam ruangan, seperti udara yang mengalir di sekitar perabotan, yang memungkinkan kucing tahu ada objek di sana, bahkan ketika keadaan sedang gelap gulita.

Oleh karena itu, nama ilmiah untuk kumis kucing adalah 'vibrissae' yang mengisyaratkan sensitivitas mereka untuk getaran dalam arus udara. Hal ini penting untuk kucing karena mereka adalah pelihat jarak jauh dan memiliki kesulitan untuk melihat hal-hal yang dekat (seperti orang yang mengalami rabun dekat).

Oleh karena itu, kucing liar di alam akan aktif di malam hari (nokturnal), karena hal ini akan membantu mereka "melihat" lebih jelas pada saat mereka berburu. Karena hal ini pula, kucing yang mengalami kebutaan pada mata mereka akan mengandalkan hampir sepenuhnya pada kumis mereka untuk menentukan arah dan mengetahui benda-benda di sekitarnya.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa kucing tanpa kumis akan mengalami kesulitan dalam memperkirakan ukuran bukaan pintu dan dapat dengan mudah terjebak.

Karena tidak seperti manusia yang dapat berjalan mundur dengan mudah, kucing memiliki struktur tulang selangka yang berbeda, sehingga mereka tidak dapat memutar balik melalui bukaan yang sangat sempit. Sehingga sekali mereka salah memperkirakan besar bukaan yang akan dilalui, mereka akan tersangkut.

Menariknya, ada juga beberapa bukti yang menunjukkan bahwa kumis kucing entah bagaimana juga membantu kucing dalam mendeteksi bau. Fakta juga menunjukkan bahwa kumis kucing penting untuk keseimbangan kucing. 

apalagi ketika mereka berlari. Mereka juga cenderung akan salah menilai jarak ketika akan melompat sehingga sering terjatuh serta kadang-kadang suka berlari ke arah benda-benda dengan tidak terarah.

Mengingat pentingnya kumis ini bagi kucing, kucing memiliki semacam mekanisme pertahanan untuk melindungi kumisnya dari kerusakan. Ketika kucing sedang marah atau akan berkelahi, kumis akan ditarik masuk untuk menghindari kerusakan akibat perkelahian.

Selain itu kucing juga memiliki kemampuan untuk menumbuhkan kumisnya yang rusak, ketika kumisnya mengalami kerusakan atau tidak sengaja terpotong oleh anda, kumis kucing dapat kembali tumbuh asalkan folikel kumisnya sendiri tidak rusak.

Sumber :

Jumat, 11 November 2011

Cacar air bisa kena kedua kalinya


Lagi bengong ane kepikiran tadi dikampus temen ane gak masuk karena kena cacar air yang kedua kali. ane penasaran kok bisa terkena kedua kalinya. ane browing aja di mbah google eh ketemu artikel dari sumber terpercaya Kompas.com yang menerangkan kasus diatas. langsung aja gan ke persoalan... :D

KOMPAS.com - Cacar air atau disebut juga varicella adalah penyakit yang biasa didapat pada anak - anak saat mereka kecil dan disebabkan oleh varicella zoster virus (VZV). Gejala - gejala yang timbul biasanya disertai dengan gelembung - gelembung kecil berisi cairan. Banyak mitos yang mengatakan bahwa sekali terkena cacar air maka tidak bisa terkena cacar air untuk kedua kalinya, apakah itu benar? Mari kita lihat disini.

Jika Anda sudah pernah terkena cacar air sebelumnya, memang jarang sekali timbul untuk kedua kalinya, akan tetapi hal ini bisa terjadi jika daya tahan tubuh Anda rendah ataupun infeksi pertama kalinya sangat ringan sehingga bisa timbul untuk kedua kalinya meskipun yang kedua kalinya mungkin tidak akan sehebat yang pertama.

Mengapa bisa timbul untuk kedua kalinya? ini berkaitan dengan adanya virus varicella yang sebenarnya tidaklah hilang dari tubuh melainkan tertidur di dalam serabut saraf - saraf sehingga masih bisa timbul kembali meskipun jarang berupa cacar air kembali.

Biasanya infeksi yang sering terjadi untuk kedua kalinya pada individu yang pernah terkena cacar air adalah terkena Herpes zoster atau yang kita sebut cacar ular, hal ini bisa terjadi karena virus yang sama yaitu varicella zoster virus yang menyebabkan cacar air juga menyebabkan timbulnya herpes zoster.

Seseorang yang belum pernah terkena virus varicella pada saat pertama kali terkena virus ini akan menampilkan gejala - gejala cacar air dan setelah itu, virus ini akan berdiam di dalam tubuh sehingga kita memiliki antibodi terhadap virus tersebut. Jika virus ini aktif kembali maka virus ini muncul dengan gejala yang sedikit berbeda dari varicella dan disebut herpes zoster dimana secara umum gejala yang terjadi adalah rasa nyeri hebat atau rasa panas terbakar saat tubuh Anda bersentuhan dengan sesuatu meskipun sentuhan ringan seperti baju dan juga disertai dengan timbulnya gelembung - gelembung berisi cairan yang mirip dengan cacar air.

Sebuah hubungan yang unik memang antara varicella dengan herpes zoster tersebut, secara teori timbulnya herpes zoster ini berkaitan dengan respon imunitas tubuh kita yang rendah, tapi pada prakteknya, seringkali juga herpes zoster terjadi pada individu yang memiliki sistem imunitas normal dan tidak rendah. Pada pasien - pasien ini herpes zoster biasanya timbul karena kadar antibodi virus varicella zoster dan imunitas seluler dalam tubuh kita turun hingga tidak lagi efektif untuk menahan virus ini dan timbul aktivasi kembali.

Anda tidak usah bingung dengan adanya nama herpes karena virus varicella zoster ini memang termasuk keluarga "Herpes Virus" yang sama dengan virus herpes simplex yang biasa mengenai area genital maupun mulut.

Jadi benarkah pendapat yang mengatakan cacar air tidak bisa terkena dua kali? Tidak benar, meskipun jarang terjadi cacar air kembali tapi ternyata cacar air bisa terkena dua kali, entah mungkin saja berupa cacar air kembali ataupun sebagai herpes zoster. Semoga ini bisa menambah informasi kesehatan Anda.

dr. Intan Airlina Febiliawanti

Semoga bermanfaat juga untuk para sahabat blogger...
Sumber:
http://kesehatan.kompas.com/read/2009/10/14/04114136/bisakah.terkena.cacar.air.dua.kali.

Rokok Merugikan Negara

Lho ? Kok bisa ? Bukankah rokok penyumbang devisa negara terbesar ?

Selama ini rokok dibilang sebagai penyumbang devisa terbesar untuk negara padahal nyatanya rokok justru menyumbang kerugian terbesar negara. Kerugian yang ditimbulkan rokok bukan hanya masalah kesehatan saja tapi juga masalah moral dan finansial.

Menurut data Depkes tahun 2004, total biaya konsumsi atau pengeluaran untuk tembakau adalah Rp 127,4 triliun. Biaya itu sudah termasuk biaya kesehatan, pengobatan dan kematian akibat tembakau. Sementara itu penerimaan negara dari cukai tembakau adalah Rp 16,5 triliun.

“Artinya biaya pengeluaran untuk menangani masalah kesehatan akibat rokok lebih besar 7,5 kali lipat daripada penerimaan cukai rokok itu sendiri. Jadi sebenarnya kita ini sudah dibodohi, sudah tahu rugi tapi tetap dipertahankan dan dikerjakan. Inilah cara berpikir orang-orang tertentu yang bodoh,” tutur kata Prof Farid A Moeloek, Ketua Komisi Nasional Pengendalian Tembakau dalam acara Peningkatan Cukai Rokok: Antara Kepentingan Ekonomi dan Kesehatan di Hotel Sahid Jakarta, Rabu (17/2/2010).

Prof Farid mengatakan, rokok adalah pintu gerbang menuju kemaksiatan, penurunan moral dan lost generation. “Tidak ada orang yang minum alkohol, terkena HIV, atau memakai narkoba tanpa merokok terlebih dahulu,” kata Prof Farid yang juga mantan menteri kesehatan ini.

“Menurut agama saja menghisap rokok adalah kegiatan yang mubazir atau makruh. Memang dilema, di satu sisi negara butuh uang tapi di sisi lain banyak yang dirugikan akibat rokok,” tambahnya.

Dalam UU Kesehatan No.36 Tahun 2009 disebutkan bahwa nikotin adalah zat aditif, sama halnya dengan alkohol dan minuman keras. “Jadi rokok harusnya juga diperlakukan sama dengan narkoba. Artinya kalau narkotik tidak diiklankan, merokok juga harusnya tidak boleh. Masalah rokok juga harus ditangani secara spesial,” ujarnya.

Kenaikan cukai tembakau rokok sebesar 15 persen menurut Prof Farid dianggap tidak akan berpengaruh.Pertama, karena rokok mengandung nikotin yang bersifat candu, jadi bagaimanapun juga orang akan terus mencari dan mencari rokok untuk memenuhi kebutuhannya.Kedua, grafik elastisitas rokok bersifat inelastis, jadi kenaikan harga rokok tidak akan terlalu mengurangi konsumsi rokok.Ketiga, pertambahan penduduk terus terjadi dan hal ini memungkinkan semakin banyak orang yang merokok.

Untuk itu solusinya adalah, perlu regulasi atau Peraturan Pemerintah (PP) khusus yang mengatur ketat penggunaan rokok. Sebenarnya sudah banyak UU yang mengatur tentang rokok, misalnya UU Kesehatan No 36/2009, UU Penyiaran No 33/1999, UU Perlindungan Anak No 23/2002, UU Psikotropika No 5/1997 dan UU Cukai No 39/2007.

“Di situ ada aturannya nikotin harus dibagaimanakan. Tapi karena UU itu berjalan sendiri-sendiri maka tujuannya jadi tidak tercapai. Yang dibutuhkan hanya harmonisasi UU,” katanya.

Peningkatan cukai rokok juga menurut Prof Farid harus didistribusikan pada kegiatan-kegiatan untuk menangani sektor kesehatan. “Perokoklah yang membayar cukai tembakau sehingga sudah semestinya dana cukai dikembalikan untuk memperbaiki kesehatan masyarakat,” ujarnya.
Sumber : detikcom


Minggu, 06 November 2011

Makanan Pembersih Hati dari Racun

Hallo kawan kawan blogger, udah lama juga nih ane gak posting. Jam pagi-pagi ane coba buat posting tulisan yang ane baca di salah satu situs berita terkemuka (detikhealthseputar)Seputar kesehatan HATI. Bayangkan kita makan tiap hari 3 kali sehari, mulai dari sarapan, makan siang dan sampe makan malam. dari makanan yang kita makan ada yang sehat dan ada yang beracun atau lebih tepatnya tidak higienis.



contohnya adalah pada saat kita makan mie dengan telor dan tomat, tomat ini tidak dicuci dengan benar dan masih terpapar dengan insektisida atau obat anti hama dari tomat. yang kita makan itu adalah zat yang berbahaya bagi tubuh, dan itu adalah kerja organ tubuh yang dinamakan HATI. bayangkan kawan-kawan itu baru satu contoh dan satu makanan bertapa kerja hati sangat berat tiap harinya untuk mensterilisasi tubuh kita dari racun. namun jangan hawatir ada beberapa makanan yang justru membantu detoksifikasi hati terhadap racun tadi berikut ulasannya:

Berikut ini makanan yang bisa membantu hati dalam melakukan detoksifikasi, seperti dikutip dari Lifemojo, Sabtu (5/11/2011) yaitu:

1. Bawang putih dan bawang merah, 1-2 bonggol bawang putih sebaiknya dimasukkan dalam pola makan setiap minggunya, bisa dimasukkan dalam tumis bersama sayuran atau ditambahkan dalam jus lemon segar. Selain itu bawang merah juga pembersih racun yang sangat baik.

2. Sayuran seperti kembang kol, kubis, brokoli, selada air dan bak choy adalah sayuran yang baik untuk detoks. Cobalah untuk menyertakannya dalam salad atau tumis sayuran.

3. Gandum murni seperti oatmeal menyediakan banyak serat sehingga sangat baik untuk mendetoksi hati, selain itu biji-bijian juga bagus untuk detoks seperti kacang merah dan barley.

4. Kunyit memiliki sifat antiseptik dan sangat baik dalam membantu proses detoksifikasi hati.

5. Buah berry, masukkan buah-buahan berry seperti stroberi, blueberry, raspberry dan blueberry dalam pembuatan smootihe, milk shake atau dimakan langsung.

6. Teh hijau, konsumsi teh hijau merupakan detoksifikasi yang sangat baik dalam membantu fungsi hati agar lebih efisien, serta kesehatan tubuh secara menyeluruh.

7. Kedelai, makanan ini sangat baik untuk detoks. Usahakan untuk minum susu kedelai baik yang manis atau tanpa pemanis, serta mengonsumsi makanan lain yang mengandung kedelai seperti tahu dan tempe.

8. Anggur merah, buah ini memiliki sifat detoksifikasi yang sangat baik karena membantu mengusir racun dan limbah. Anggur bisa dimakan langsung atau dicampur ke salad.

sumber:
http://www.detikhealth.com/read/2011/11/05/080244/1760791/766/nutrisi-untuk-membersihkan-hati-dari-racun

Minggu, 09 Oktober 2011

Feline infectious enteritis (FIE)

postingan kali ini ane mengungkapkan kesedihan ane karena kucing ane (bule) mati 2 hari yang lalu(putih). Sempet googling penyakit apa ini yang diderita kucing ane gejalanya lemes, gak nafsu makan, dan gak sahut kalo ane panggil :'( dan sekarang kucing ane yang bonte (hitam) yang lagi sakit. kasiaaan banget gan kurus :'(...

ane googling dan ketemu artikel ini ane kopas aja buat pengetahuan ane dan agan2 semua tentang bahaya penyakit kucing. penyakit ini menular khususnya buat anak kucing yang umur 3 bulan rentan ama penyakit ini. Nama penyakitnya Feline infectious enteritis (FIE). FIE, gejala penyakit ini sama yang diderita kucing ane... langsung aja gan...

Penyakit kucing ini dapat menyebabakan penurunan dramatis jumlah sel darah putih yang ada. Gejala-gejala dari penyakit kucing ini adalah sebagai berikut :

-Demam
-kehilangan selera makan
-depresi
-muntah-muntah
-diare.

Bukan jenis kucing atau ras kucing tertentu yang paling mudah mengalami kematian. Melainkan anak kucing (tidak peduli jenisnya) yang paling memiliki tingkat kematian paling tinggi.

Beruntungnya sudah ada vaksin untuk penyakit kucing ini sehingga penularan penyakit ini dapat dikendalikan. Walau begitu kucing yang berhasil sembuh akan sering tetap lemah sepanjang sisa hidupnya. Jadi sebaiknya hati-hati..selalu waspada! Banyak cara sebuah penyakit dapat menular tidak terkecuali dengan kucing milik anda.

sumber:
http://penyakit-kucing.blogspot.com/2009/05/feline-infectious-enteritis-fie.html

Sabtu, 27 Agustus 2011

Professor Termuda Di Dunia (19 tahun)

Assalamualaikum pembaca setia Kita dan Bumi... mau share dikit nih hasil penelusuran ke situs sahabat... numpang lewat eh ada artikel menarik tentang Professor Termuda Didunia yang masuk Buku rekor dunia (Guiness Book of Record) siapa dia...?

Alia Sabur adalah namanya dan yang hebatnya lagi dia cewek gan ini menegaskan bahwa kaum wanita juga bisa berkarya mengalahkan kaum pria #kesetaraangenderituperlu

nih foto penampakannya:




Biografi singkatnya:

Alia Sabur berumur 19 tahun kurang 3 hari ketika Ia menjadi profesor termuda dalam sejarah. Guiness Book of Record pun menobatkan dirinya sebagai guru besar atau professor termuda dalam sejarah. Rekor sebelumnya di pegang oleh Colin Maclaurin, mahasiswa Issac Newton. Alia Sabur Lahir pada 22 Februari 1989 di New York USA, Alia menjalani masa studinya dengan waktu amat singkat. Dari kelas IV SD, gadis ini langsung melompat ke universitas, dan lulus BA dengan predikat sum cum laude dari Universitas Stony Brook di New York ketika usianya baru 14 tahun.

Ia melanjutkan pendidikan di Universitas Drexel. Di universitas itu dia mendapatkan gelar master of science dan PhD. Tiga hari menjelang ulang tahun ke-19 Februari lalu, dia resmi menjadi dosen di Universitas Konkuk, Seoul, Korea Selatan. Buku Rekor Dunia Guinness menobatkannya sebagai guru besar termuda dalam sejarah. Dia menumbangkan rekor sebelumnya yang dicatat oleh Colin MacLaurin, mahasiswa Isaac Newton, pada tahun 1717.



Masa depan cemerlang terbentang luas di hadapan remaja Northport, New York itu. Tapi dia memilih mengajar. “Saya sangat senang mengajar. Karena di bidang itulah kita bisa membuat perbedaan. Dengan mengajar, kita tidak cuma menunjukkan yang bisa kita lakukan, tapi juga memampukan orang lain untuk membuat perbedaan,” katanya

Alia tidak cuma cemerlang di bidang akademis. Ia sudah tampil memainkan klarinet bersama Rockland Symphony Orchestra pada usia 11. Di bidang musik ini ia sudah mendapat berbagai penghargaan. Seni bela diri juga dikuasainya dengan menyandang sabuk hitam Tae Kwon Do. Menurut peraih sabuk hitam tae kwon do ini menjadi dosen merupakan bidang yang berbeda dari bidang lainnya. Dengan mengajar seseorang tidak hanya menunjukkan apa yang bisa dilakukan. Tapi, ia juga memampukan orang lain untuk membuat perbedaan.

sumber:

-http://kolom-biografi.blogspot.com/2011/08/biografi-alia-sabur-professor-termuda.html
- http://www.andriewongso.com/artikel/aw_corner/1329/Alia_Sabur/
- http://nenyok.wordpress.com/2008/04/27/alia-sabur-profesor-termuda-di-dunia/




Jumat, 26 Agustus 2011

Sudah Benarkah Bacaan AAMIIN Kita ?


Bagi Pemeluk agama islam atau muslim dan muslimah suadah tidak asing dengan kata *AMIN yaitu bacaan yang sering diucapkan pada saat selesainya surat-Alfatihah dibacakan oleh imam ketika solat berjamaah.
Akan tetapi Sudah benarkah kata AAMIIN kita berikut arti dari amin menurut panjang pendeknya yang terbagi menjadi 4:

1. ”AMIN” (alif dan mim sama-sama pendek), artinya AMAN, TENTRAM

2. “AAMIN” (alif panjang & mim pendek), artinya MEMINTA PERLINDUNGAN KEAMANAN

3. ”AMIIN” (alif pendek & mim panjang), artinya JUJUR TERPERCAYA

4. “AAMIIN” (alif & mim sama-sama panjang), artinya YA TUHAN, KABULKANLAH DOA KAMI

kesimpulan yang dapat di ambil yaitu AAMIIN adalah bacaan yang benar dalam sholat yang dibaca ketika selesainya surat alFatihah dibacakan imam.

mudah-mudahan bermanfaat untuk kalian semua dan khususnya saya.. ^_^

sumber:

klik

"Ketahuilah Bumi Dan Isinya, Niscaya kau menjadi hamba yang takut akan Tuhannya"

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms