Minggu, 07 November 2010

Zat Enzim Calon Bahan Bakar Masa Depan

CALIFORNIA - Sebuah zat enzim yang ditemukan pada akar kacang kedelai bisa dijadikan bahan bakar di masa depan.


Vanadium Nitrogenase, sebuah enzim yang biasanya menghasilkan ammonia dari gas nitrogen bisa juga mengubah karbon monoksida (CO) menjadi propane, sebuah gas yang dapat dijadikan bahan bakar kompor gas.

Meski para ilmuwan mengatakan bahwa penelitian ini masih dalam tahap awal tapi ke depannya mungkin penelitian ini bisa menemukan cara yang ramah lingkungan untuk menghasilkan minyak dan bensin.

"Organisme ini adalah bakteri tanah yang sangat umum dan sudah diteliti sejak lama," kata Markus Ribbe, ilmuwan dari University of California, seperti yang dikutip dari Discovery News Senin (9/8/2010).

"Tapi kami masih mempelajarinya karena kami sadar bahwa zat enzim tersebut memiliki perilaku yang berbeda," tambah Ribbe.

Para petani menyukai tanaman yang mengandung zat enzim ini karena mampu mengubah nitrogen yang tidak berguna menjadi ammonia.

Ribbe dan timnya mengisolasi enzim vanadium nitrogenase untuk mengubah nitrogen menjadi ammonia. Lalu para ilmuwan California memindahkan nitrogen tersebut dan oksigen yang digunakan oleh enzim tersebut dan mengisinya dengan karbon monoksida.

Tanpa oksigen dan nitrogen, enzim tersebut mulai mengubah karbon monoksida menjadi rantai-rantai karbon gas (propan).

"Jelas penemuan ini bisa mengarahkan kita untuk menciptakan bahan bakar cair sintetis, jika kita bisa membuat rantai-rantai karbon yang lebih panjang," ujarnya.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar

"Ketahuilah Bumi Dan Isinya, Niscaya kau menjadi hamba yang takut akan Tuhannya"
Show all blogs Science (Global Warming) - TOP.ORG TopOfBlogs Dr.5z5 Open Feed Directory Site Meter Blogarama - The Blog Directory Science Blogs Subscribe My Feed

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms